Analisa Usaha Cuci Motor

Tuesday, September 2nd, 2014 - Usaha Jasa
Advertisement

Analisa usaha cuci motor – Bagi anda yang mau membuka usaha tapi bingung mau buka usaha apa, jawabannya mungkin anda bisa mencoba untuk membuka usaha cuci motor. Karena bagi sebagian orang mengatakan bahwa, peluang usaha cuci motor ini sangatlah menjanjikan. Saat ini hampir di setiap jalanan di dominasi oleh kendaraan bermotor, maka dari tidak heran jika setiap pemilik kendaraan bermotor ingin motornya terlihat bersih dan menarik. Namun, tidak semua pemilik kendaraan bermotor dapat melakukan pekerjaan yang satu ini ( mencuci motornya sendiri ). Nah, di sinilah keberadaan tempat cuci motor adalah solusi yang tepat.

cuci motor

Belum lagi kalau cuaca di kota anda tidak mendukung, mungkin saja terjadi hujan dan pastinya motor anda akan cepat kotor, biasanya permintaan konsumen yang membutuhkan jasa cuci motor semakin banyak pada musim hujan tersebut. Maka dari itu, peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi anda yang ingin memulai membuka suatu usaha, anda bisa mencoba untuk membuka usaha cuci motor.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha cuci motor, ada baiknya jika sebelum anda memulainya untuk menganalisanya terlebih dahulu. Silahkan lihat analisa usaha cuci motor di bawah ini:

Berikut analisa usaha cuci motor

Misalnya :

Modal awal yang dikeluarkan Rupiah
Renovasi tempat Rp. 3.000.000
Perlengkapan Rp. 1.500.000
peralatan Rp. 3.500.000
Total Rp. 8.000.000

Keterangan.

  • Renovasi tempat

Jika anda memiliki garasi atau lahan kosong, mungkin anda bisa merenovasi atau menata ulang tampat tersebut untuk dijadikan tempat usaha anda.

  • Perlengkapan

Perlengkapan yang di gunakan untuk membuka usaha cuci motor diantaranya adalah, alat penyemprot bertekanan tinggi, compresor, tabung busa dan perlengkapan kecilnya seperti ( sikat, lap, ember , dan lap kanebo )

  • Peralatan

Perlu di sediakannya ruangan khusus untuk menyimpan peralatan tersebut, sebagai alasan keamanan dan agar tidak terlihat berantakan.

Biaya personal yang harus di keluarkan :

Biaya personal Rupiah
Gaji pegawai misalnya ada 4 @ 600.000 Rp. 2.400.000
Bensin Rp. 300.000
Air ledeng dan Listrik Rp. 450.000
Sabun , sampo , dan semir Rp. 160.000
Total Rp. 3.310.000

Jika pendapatan /1bulan dari usaha cuci motor ini.

Mungkin Jika saya asumsikan dalam satu hari ada 35 motor yang dicuci dengan ongkos cuci Rp. 7.500/ unit, maka pendapatan yang bisa diperoleh :

35 motor @ Rp. 7.500.- = Rp. 262.500,- / hari

Dan mungkin saja dalam satu bulan yaitu, 30 hari kerja maka akan diperoleh :

Rp. 262.500,- x 30 = Rp. 7.875.000 ,- / bulannya

Keuntungan Bersih yang didapat dalam 1 Bulan

Maka keuntungan bersih dalam 1 bulan yang bisa diperoleh ;

Pendapatan – Biaya Operasional = pendapatan bersih dalam 1 bulan,-

Rp. Rp. 7.875.000 ,- – Rp. 3.310.000,- = Rp. 4.565.000

Perlu di ingat bahwa, apa yang sudah di jelaskan di atas hanyalah merupakan analisa usaha saja, selebihnya anda lah yang menentukan. Mungkin saja pendapatan tersebut masih bisa ditingkatkan lagi dengan cara, meningkatkan jumlah pelanggan yang mencuci sepeda motor ke tempat anda.

Sekian artikel dari saya yang berjudul analisa usaha cuci motor, semoga hal ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan dan bagi siapa saja yang membacanya lihat pembahasan yang lebih menarik mengenai budidaya jamur tiram untuk menambah wawasan anda.

Advertisement
Analisa Usaha Cuci Motor | analisausaha | 4.5
error: Content is protected !!