Analisa Usaha Gorengan

Thursday, October 9th, 2014 - Usaha Makanan
Advertisement

Analisa Usaha Gorengan – Siapa yang tidak mengenal dengan jenis makan gorengan? camilan yang satu ini memanglah sudah tak asing lagi di dengar dan dirasakan di lidah kita. Dari mulai balita hingga orang tua dapat merasakan nikmatnya beragam jenis makanan dengan cara digoreng. Dalam soal usaha juga, bisa di pastikan bahwa beberapa pedagang gorengan dapat mencapai pangsa pasar yang sangatlah bermacam-macam.

Anda dapat menemukan beragam jenis gorengan tersebut dari mulai restoran mewah sampai yang di jual di pinggir jalan. Hal ini menunjukan bahwa, begitu mudahnya membuka usaha gorengan sehingga banyak pelaku usaha yang menjalani usaha tersebut. Agar pembeli tertarik serta ketagihan membeli gorengan anda, ada banyak hal yang perlu Anda cermati.

Berikut tips memulai usaha gorengan

1.) Tempat Usaha

Tempat untuk usaha gorengan dapat berbentuk gerobak dorong dengan anggaran harga satu gerobak mencapai ratusan ribu rupiah. Dapat pula ditambahkan menggunakan terpal bila Anda nantinya ingin berjualan tetap di suatu tempat. Tetapi, bila anggaran tidak memungkinkan, anda juga bisa berjualan gorengan di depan rumah, dengan mengandalkan tempat yang cukup sederhana, umpamanya etalase atau cukup hanya dengan menggunakan meja sebagai sarana meletakkan gorengan tersebut.

Analisa Usaha Gorengan

2.) Peralatan memasak

Untuk peralatan memasak cukup anda menggunakan peralatan memasak yang sering anda gunakan seperti kompor, wajan, serta serok (sebaiknya anda menggunakan wajan yang besar untuk menampung bahan gorengan dengan banyak), plastik untuk menyimpan gorengan, kemudian kresek. Siapkan juga cabai rawit, lantaran banyak yang menganggap bahwa gorengan tersebut tidak komplit tanpa ada cabai rawit.

3.) Harga

Harga umum yang ditawarkan kurang lebih Rp 500 hingga Rp 750 per satu buah gorengan dengan laba Rp 50 sampai Rp 100 per gorengan. Dengan harga umum yang sama dengan pasaran, anda mampu bersaing dengan kompetitor anda dan anda juga mampu menjual banyaknya hasil gorengan dalam waktu satu hari. Tetapi semua juga tidak lepas dari rasa serta kualitas gorengan anda.

Sebetulnya, yang perlu diingat pada saat menjalani usaha gorengan yaitu efek kesehatan yang bisa ditimbulkan. Tetapi, Anda tak perlu cemas mengenai hal semacam itu. Karena, ada beberapa faktor yang perlu Anda utamakan dalam menjalani usaha gorengan tersebut.

Faktor-faktor yang perlu anda utamakan adalah :

1.) Mengganti minyak secara teratur, jika warna minyak yang dipakai telah menjadi hitam atau keruh, maka secepatnya gantilah dengan menggunakan minyak yang baru. Hal semacam ini dapat menghindar penumpukan kolesterol yang semakin banyak.
2.) umumnya ada banyak pelaku usaha gorengan yang melakukan tindakan curang lewat cara memberikan plastik pada waktu menggoreng. Perbuatan seperti ini mempunyai tujuan supaya gorengan tersebut agar tetap renyah. Kalau tidak percaya silahkan anda buktikan sendiri dirumah. Janganlah anda sekali-kali mencoba cara ini karena hal ini dapat membuat pelanggan anda menjadi kecewa.

3.) Untuk meniriskan gorengan, ada baiknya jika Anda memakai tisu dapur atau menggunakan bahan penyerap lainnya. Jauhi meniriskan gorengan dengan memakai kertas koran atau kertas yang lainnya terutama yang bertinta. Karena, tinta memiliki kandungan timbal serta lebih gampang melekat pada jenis makanan berminyak.

Mengingat makin banyaknya pelaku usaha gorengan, Anda dianjurkan supaya mencari inovasi-inovasi terbaru dalam hal resep adonan gorengan supaya anda dapat unggul dari pesaing-pesaing yang lain. Hanya mengandalkan modal ratusan ribu, Anda dapat mengawali membuka usaha gorengan yang seadanya. Usaha gorengan merupakan pilihan tepat untuk anda yang mempunyai modal kecil namun dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar.

Sebelum anda memulai usaha gorangan, perlu di ingat bahwa anda tetap harus mempertimbangkannya terlebih dahulu meskipun memang modal yang hendak di keluarkannya tidaklah begitu besar. Perimbangan tersebut meliputi analisa usaha terhadap usaha yang akan dijalani. Untuk analisa usaha gorengan, anda bisa melihatnya dibawah ini.

Berikut ini adalah analisa usaha gorengan

1. Modal Awal
a. Bahan baku = Rp 100.000
b. Gerobak = Rp 300.000
c. Gas elpiji dan kompor = Rp 100.000
d. Peralatan = Rp 200.000
e. Lain-lain = Rp 25.000 +
Jumlah = Rp 725.000
2. Biaya Operasional Tiap Hari
a. Pembelian bahan baku = Rp 60.000
b. Gas elpiji = Rp 15.000
c. Minyak goreng = Rp 15.000
d. Lain-lain = Rp 10.000 +
Jumlah = Rp 100.000
3. Pemasukan
Omzet tiap hari
= 300 buah × @ Rp 500 = Rp 150.000
4. Laba Bersih Tiap Hari
Laba bersih per hari = Rp 50.000
Laba bersih per bulan
= Rp 50.000 × 30 hari
= Rp 1.500.000

Setelah anda menyimak pembahasan analisa usaha gorengan, barulah anda bisa memulai usaha tersebut. Saya rasa, sampai disini anda sudah mengerti dan paham. Untuk peluang usaha lainnya, anda bisa melihat salah satu peluang usaha yang tak kalah hebat dengan hasil keuntungan yang sangat besar, diantaranya adalah usaha air minum isi ulang.

Advertisement
Analisa Usaha Gorengan | analisausaha | 4.5
error: Content is protected !!