Analisa Usaha Ikan Bawal

Monday, September 22nd, 2014 - Usaha Peternakan
Advertisement

Analisa usaha ikan bawal – Ikan bawal merupakan ikan jenis air tawar yang salah satu dari jenis ikan unggulan yang budidayakan dan jenis ikan air tawar tersebut sangat digemari oleh masyarakat. Ikan Bawal ini tidak kalah lezat jika dibanding dengan jenis ikan-ikan air tawar lainnya. Namun Sejalan dengan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan segar, terutama Ikan Bawal yang menyebabkan jumlah permintaan Ikan Bawal tersebut terus meningkat. Dan dengan semakin tingginya tingkat permintaan Ikan Bawal ini menyebabkan budidaya ikan bawal mengalami peningkatan. Dan prospek untuk pemasaran Ikan Bawal pun selain dipasarkan ke dalam negeri ikan bawal tersebut diekspor juga ke beberapa Negara di dunia seperti Hongkong, Cina, Jepang, Amerika dan Korea.

Analisa Usaha Ikan Bawal

Untuk itu peluang usaha di bidang budidaya Ikan Bawal merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan dan juga menjanjikan serta merupakan peluang usaha yang bagus untuk kita jalani. Saat ini banyak sekali para pelaku usaha baru yang menjalani dan melakoni untuk usaha budidaya ikan bawal,  serta untuk memulai usaha budidaya ikan bawal tersebut cukup dilakukan dengan management yang sederhana, dan untuk modal usahanya pun tidak terlalu besar dan bisa anda mulai dengan skala kecil hingga besar.

Karena menjalani usaha ikan bawal tersebut telah banyak menciptakan pengusaha-pengusaha yang sukses dan mereka pun tinggal menghitung pundi-pundi keuntungan yang diperoleh dari hasil usaha ikan bawal yang mereka miliki. Namun semua itu mereka jalani dengan sungguh-sungguh serta managemen yang matang, salah satunya dengan melakukan analisa usaha terlebih dahulu sebelum mereka menjalani usaha ini.

Berikut Analisa Usaha Ikan Bawal

Meskipun banyak diantara mereka yang sukses dalam menjalani usaha ikan bawal ini, tidak sedikit pula diantaranya yang mengalami kegagalan. Hal-hal yang biasanya menjadi penyebab dari kegagalan tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Kolam ikan tidak terkontrol dan terawat dengan baik sehingga keadaan dan kondisi kolam kurang bagus dan tidak layak untuk budidaya ikan bawal.
  • Pengaruh dari lingkungan sekitar, dalam artian jika perairan maupun hal materi lingkungan sekitar sangat buruk untuk budidaya, hal ini harus cepat di atasi.
  • Minimnya pengalaman tentang ikan bawal juga berpengaruh dalam melakukan usaha tersebut.

Maka dari itu kita harus memperhatikan perawatan kolam ikan bawal tersebut seperti :

  • Pengeringan kolam antara 4-6 hari sekali sebelum dan sebelum pengisian air anda perlu lakukan karena untuk mematikan hama yang ada di dalam kolam tersebut. Dan untuk membasmi hama bisa anda lakukan dengan di taburi garam secukupnya ( secara rata ).
  • Untuk sirkulasi air di sarankan bisa buat gunanya untuk lebih mudah dalam mengganti air.
  • Gemburkan kondisi tanah sebelum di isi dengan air bila kolam tersebut dari tanah.

 

Untuk biaya investasi

Modal awal investasi Harga
Pembuatan kolam 20 x 20 meter Rp. 2.500.000
Pembelian bibit ikan bawal 4.000ekor x 200 Rp.    800.000
Toal Rp. 3.300.000

Untuk biaya pengeluaran operasional

Biaya operasional Harga
Pembelian pakan apung setiap 1 karung 110rb x 8 x 3 bulan Rp.    2.640.000
Biaya alat-alat untuk pembudidayaan Rp.    1.210.000
Obat-obatan 350.000 x 3 bulan Rp.    1.050.000
Gaji karyawan 1 orang 700.000 x 3 bulan Rp.    2.100.000
Total Rp.    7.000.000

Pendapatan

  • Jika harga konsumsi ikan Bawal kira-kira Rp. 10.000 – 15.000 harga tergantung lokasi anda.
  • Dan Perkiraan pembesaran bawal selama 3-4 bulan panen 1kg isi 3 ekor, jadi 4.000 ekor ikan Bawal di bagi 3 ekor = 1.333 kg X harga konsumsi saya targetkan di tengah harga misalkan Rp.12.500/kg = maka pendapatan per 1x panen ikan bawal adalah Rp.16.662.500
  • Pendapatan penjualan ikan bawal senilai Rp.16.662.500 – modal Rp. 7.000.000
  • Jadi keuntungan yang di peroleh dari usaha budidaya ikan bawal tersebut adalah = Rp. 9.662.500

Itulah pembahasan mengenai analisa usaha ikan bawal, saya harap dengan adanya pembahasan ini dapat membantu anda untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum anda mulai melakoni usaha ini. Usaha lain yang mungkin akan menjadi pertimbangan anda adalah usaha es buah, dikarenakan usaha ini tidak terlalu membutuhkan banyak modal.

Advertisement
Analisa Usaha Ikan Bawal | analisausaha | 4.5
error: Content is protected !!