Analisa Usaha Lapangan Futsal

Thursday, October 16th, 2014 - Usaha Jasa
Advertisement

Analisa usaha lapangan futsal – Futsal adalah salah satu olahraga yang banyak disukai masyarakat umumnya. Seperti olahraga sepak bola, beberapa pecinta olahraga futsal juga cukup banyak, terlebih lagi oleh para remaja. Sejauh ini, ketersediaan lapang futsal telah cukup banyak, tetapi kelihatannya masih tetap belum dapat memenuhi kepuasan konsumen bahkan juga sering kali selang sepanjang 1 minggu pada awal mulanya, lapang futsal telah habis diboking oleh pemakainya. Sementara pada waktu itu juga, beberapa pemain yang lain menanti jadwal pemakaian lapangan futsal hingga kosong atau dalam artian berlomba-lomba untuk pesan tempat.

Kini di lokasi perumahan juga makin banyak remaja serta anak-anak yang membutuhkan fasilitas olahraga futsal tersebut sebagai arena bermain. Di daerah perkantoran juga adalah potensi besar untuk membuka usaha futsal. Kenyataan ini membuktikan bahwa masih tetap terbukanya kesempatan usaha untuk UMKM yang mau mencoba membuka usaha lapangan futsal dengan harga yang relatif terjangkau untuk para penggunanya.

Analisa Usaha Lapangan Futsal

Berikut tips memulai membuka usaha lapangan futsal

Usaha futsal membutuhkan sebagian persiapan untuk mengawalinya. Persiapan ini pada intinya adalah beberapa langkah awal saat sebelum memulai usaha futsal supaya teridentifikasi keperluan mendasar yang diiperlukan baik dalam rencana penyediaan tempat, biaya invesatsi, ataupun peralatannya. Banyak hal yang perlu disiapkan, diantaranya sebagai berikut :

1. Memastikan pilihan tempat untuk membuka usaha lapangan futsal, biasanya memilih tempat yang dekat dengan perkantoran atau perumahan untuk mendapatkan member lebih.

2. Memilih tempat lapangan futsal baiknya memperhitungkan segi keamanan, kenyamanan, serta tak mengganggu orang banyak atau masyarakat di sekelilingnya. Bila memungkinkan pilihlah tempat dengan luas yang ideal atau memiliki ukuran standar umum bahkan juga internasional.

3. Memerhatikan aliran udara gedung tempat lapangan futsal tersebut lewat cara berusaha sebisa mungkin supaya ventilasi udara relatif cukup, agar konsumen juga akan merasa semakin nyaman dalam bermain futsal.

4. Untuk mendukung situasi, anda bisa menyediakan televisi sebagai sarana informasi serta fasilitas hiburan lainnya untuk para pengunjung.

5. Siapkan juga bahan bacaan seperti majalah futsal untuk menghibur para pengunjung agar tidak jenuh dalam menunggu giliran.

6. Menyiapkan beragam perlengkapan, peralatan, serta infrastruktur yang lainnya sebagai sarana pendukung bermain futsal.

7. Beragam kesiapan tempat serta perlengkapan futsal pada saat pertama kali membukanya, seperti halnya di adakan acara pembukaan (grand opening) dengan tujuan supaya tempat futsal anda lebih di kenal serta dilirik oleh banyak orang. Selanjutnya pengguna bisa memakai lapangan futsal dengan beragam sarana secara terus menerus. Dengan situasi tersebut, maka dapat dipastikan usaha futsal yang anda jalani akan banyak di kenal orang, disukai.

8. Supaya tempat serta kehadiran usaha lapangan futsal senantiasa bisa di ketahui oleh orang banyak selaku para pengguna lapang futsal, maka sebaiknya pemasaglah spanduk atau bahkan bila diperlukan billboard sebagai sarana promosi atau pemasaran.

9. Berikanlah pelayanan yang memuaskan terhadap para konsumen atau pengunjung lapangan futsal supaya mereka senang serta menikmati bermain futsal di tempat anda.

Untuk memulai usaha futsal ini, sebelumnya anda perlu mempertimbangkannya dalam hal biaya investasi yang di butuhkan. Adapun pertimbangan-pertimbangan tersebut, anda bisa bisa melihat analisa usaha dibawah ini.

Berikut analisa usaha lapangan futsal

Lapangan futsal jenis indoor

Modal awal:

  • Lahan, bangunan dan peralatan Rp. 150.000.000,00
  • Perizinan Rp. 3.000.000,00
  • Bangunan Lapangan 600 m2 Rp. 240.000.000,00
  • Peralatan, infrastruktur Rp. 10.000.000,00
  • Peralatan administrasi Rp. 3.000.000,00
  • Jmlah modal awal Rp. 406.000.000,00

Perhitungan untung/rugi per bulan

Penerimaan satu bulan:

  • Sewa lapangan: 80 jam @ Rp 150.000,00 Rp. 12.000.000,00

Pengeluaran satu bulan: 

  • Beban listrik, air, sampah Rp. 1.200.000,00
  • Maintenance Rp. 700.000,00
  • Gaji untuk 2 karyawan Rp. 1.800.000,00
  • Penyusutan Rp. 1.045.833,00
  • Jumlah Pengeluaran Rp. 4.745.833,00
  • Keuntungan bersih per bulan Rp. 7.254.167,00

Itulah sedikit pembahasan tentang analisa usaha lapangan futsal yang mana tujuan artikel ini dibuat untuk membantu teman-teman yang hendak membuka usaha tersebut. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa mengembangkannya sendiri seperti halnya jika anda membuka membuka usaha sembako.

Advertisement
Analisa Usaha Lapangan Futsal | analisausaha | 4.5
error: Content is protected !!