Analisa Usaha Rental Mobil

Saturday, October 4th, 2014 - Usaha Jasa
Advertisement

Analisa usaha rental mobil – Layanan rental mobil adalah salah satu peluang usaha yang tidak terlalu susah untuk dikelola. Terlebih lagi hal tersebut sangatlah mendukung bila Anda memiliki kesukaan dalam dunia otomotif.

Dengan anggapan Anda baru membeli mobil dengan cara kridit hanya membayar uang muka saja, selebihnya tentang angsuran dapat di peroleh dengan jasa merentalkan mobil tersebut . Seperti contohnya, harga untuk sebuah mobil Avanza 2012 yaitu Rp. 160 juta. Lalu mobil itu di rentalkan dengan harga 250. 000 perhari. Bila sewa sekurang-kurangnya 20 hari untuk 1 bulan, jadi pendapatan Anda untuk perbulannya yaitu 5 juta. Untuk jumlah nominal 5 juta yaitu jumlah yang lumrah dari hasil usaha rental mobil angsuran.

Untuk masalah pemasaran usaha rental mobil sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda cukup memasang iklan lewat surat kabar, membuat web sederhana serta pasang iklan tersebut di media yang lain. Bila Anda memberikannya layanan yang benar-benar memuaskan pada pelanggan, tentu pelanggan Anda akan turut mempromosikan layanan rental mobil Anda pada teman dan keluarga mereka.

Analisa Usaha Rental Mobil

Hanya saja tak ada usaha bila tak ada resiko. Salah satu resiko dalam usaha layanan rental mobil yakni adanya resiko kecelakaan serta kehilangan mobil. Diluar itu, umumnya juga ada banyak modus pembajakan mobil. Saat ini banyak sekali teror pencurian mobil menyerang layanan rental mobil.

Tips Memulai Usaha Rental Mobil

1. Pilih lokasi tempat usaha rental mobil yang dianggap strategis

2. Pahamilah keinginan konsumen, umumnya penyewa mobil lebih menyukai mobil yang mampu memuat banyak orang

3. Pastikan memilih mobil yang biaya operasionalnya lebih kecil, harga pasaran suku cadang yang relatif murah serta biaya untuk perawatan yang rendah. Hal ini bertujuan untuk menghemat jumlah biaya operasional Anda

4. Gunakan layanan asuransi untuk melindungi mobil rental Anda dari banyaknya resiko yang kerap terjadi

5. Manajemen usaha yang benar dan jelas, sehingga identitas diri para konsumen bisa di lihat serta dilacak apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

6. Bekerja sama dengan bengkel langganan, untuk melakukan perbaikan maupun perawatan mobil Anda. Supaya mendapatkan harga yang relatif lebih murah

7. Memaksimalkan promosi lewat brosur, iklan baris, lewat online, serta lewat spanduk

8. Bila menggunakan jasa sopir, pastikan memilih sopir yang baik dilihat dari tanggung jawabnya serta mempunyai pengetahuan perihal jalan serta mesin kendaraan. Selain mobil rental Anda akan lebih terurus, klien anda juga akan nyaman dan puas

9. Bila usaha rental mobil Anda sudah mengalami perkembangan, maka tambahlah persediaan mobil rental Anda.

10. Carilah konsumen dari macam-macam instansi, supaya dapat dijadikan sebagai konsumen tetap yang senantiasa menggunakan layanan rental mobil Anda.

Setelah anda melihat beragam tips yang telah saya berikan, anda pun harus melihat analisa usaha sebelum anda memulai usaha rental mobil tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat pada tabel berikut ini.

Berikut Analisa Usaha Rental Mobil

  1. Modal Awal
    Uang Muka cicilan mobil 1                              Rp30,000,000.00
    Total                               Rp30,000,000.00
  1. Biaya Operasional
  1. Perawatan mobil
1                                   Rp250,000.00
  1. Cicilan mobil (selama 3 tahun)
1                                Rp2,000,000.00
  1. Listrik dan telepon
1                                   Rp250,000.00
    Total                                Rp2,500,000.00
  1. Pemasukan
    Order minimal 4 kali per pekan @250.000 4                                Rp4,000,000.00
  1. Keuntungan Bersih
    Total pemasukan-total biaya operasional                                Rp1,500,000.00

Memulai usaha seperti halnya usaha rental mobil merupakan salah satu pilihan yang sangat di sukai oleh kebanyakan para pelaku bisnis, karena jika dilihat dari analisa usaha rental mobil tersebut dapat menghasilkan laba yang cukup besar serta sangatlah menggiurkan selain modal yang harus di keluarkannya pun cukup besar pula.

Namun begitulah usaha, senantiasa selalu ada halangan serta kendala. Bila usaha rental mobil dikelola dengan cara manajemen yang baik, maka usaha tersebut akan memberi keuntungan yang besar pula. Sama halnya dengan usaha sapi potong yang sebelumnya kita bahas.

Advertisement
Analisa Usaha Rental Mobil | analisausaha | 4.5
error: Content is protected !!