Analisa Usaha Rumah Makan

Saturday, September 13th, 2014 - Usaha Makanan
Advertisement

Analisa usaha rumah makan – Kebutuhan manusia akan makan dan minum tidak akan pernah berhenti dan terus berjalan seiring berjalannya waktu, itu karena makan dan minum adalah sumber energi dan kebutuhan utama bagi manusia untuk melangsungkan kelangsungan hidupnya, maka dari ini makan dan minum tidak lah lepas dari peranan manusia sebagai makhluk pengkonsumsi makanan dan minuman.Nah karena itu usaha rumah makan adalah peluang yang pas bagi anda yang mau dan membuka usaha karena, bisnis rumah makan ini lumayan cukup menguntungkan.

Usaha Rumah Makan

Apalagi sekarang banyak orang yang membutuhkan adanya rumah makan karena disamping praktis siap beli dan makan, kita juga tidak perlu untuk susah-susah membuat atau memasak makanan untuk kita santap, kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan. Jika bagi para pekerja, mahasiswa dan anak sekolah adanya rumah makan sangat membantu karena, adanya rumah makan asupan energi bagi kita terpenuhi, maka dari itu peluang bisnis usaha rumah makan ini cukup menjanjikan. Untuk lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis usaha rumah makan, anda bisa melihatnya di bawah ini :

Kelebihan Dari Membuka Usaha Rumah Makan

Untuk Konsep sederhana yang menjadi ciri khas rumah makan, kita harus membuat peluang bisnis ini tidak mengeluarkan modal yang sangat besar. Mungkin anda bisa membuka usaha ini Dengan membukanya di rumah, dan juga Anda bisa memanfaatkan segala potensi yang ada di rumah, dari mulai peralatan dan perlengkapan, tempat usaha, serta tenaga kerja dengan melibatkan keluarga yang ada di rumah.

Kekurangan Dari Membuka Usaha Rumah Makan

Mungkin ada Beberapa kendala yang bisa menghambat usaha bisnis rumah makan yaitu, diantaranya banyaknya pesaing-pesaing di sekitar rumah Anda yang menjalankan usaha yang sama, terutama di daerah yang ramai mungkin di sekitar area kost kantor atau sekolahan. Sebab unsur dasar pasar paling potensial dari bisnis rumah makan ini , adalah anak kost. Orang kantoran, Kendala lain yang sering dihadapi yaitu kadang konsumen mulai bosan dengan menu yang sama saja setiap harinya, maka dari itu tingkat kreatifitas Anda untuk menciptakan menu masakan baru. Agar para konsumen tidak merasa bosan dengan menu-menu yang ditawarkan tersebut.

Pemasaran Bisnis Usaha Rumah Makan

Strategi kita untuk pemasaran bisnis usaha rumah makan ini sangat diperlukan karena untuk memperkenalkan bisnis yang Anda jalankan kepada masyarakat. Mungkin anda bisa \ mempromosikan nya dengan menggunakan brosur yang di di berikan kepada setiap pejalan kaki, spanduk yang bertuliskan nama rumah makan dan menu makanan yang ditawarkan, atau Anda juga bisa menempelkan tulisan tersebut di etalase rumah makan atau di tembok tembok jalan. Sehingga para konsumen mengetahui keberadaan rumah makan tersebut, banyak yang tertarik untuk mampir makan di sana.

Kunci Sukses Usaha Rumah Makan

Seperti halnya pada bisnis kuliner lainnya, kunci kesuksesan usaha rumah makan juga terletak pada keramahan pelayanan dan kenikmatan rasa makanan yang disajikan. Jadi, yang terpenting adalah jaga kualitas rasa makanan dan ciptakan varian menu-menu baru untuk menarik minat para konsumen. Selanjutnya, ciptakan suasana rumah makan senyaman mungkin bagi konsumen.

Karena hal ini membuat para konsumen menjadi lebih tertarik untuk datang, karena kenyamanan dan kenikmatan cita rasa yang di tawarkan menarik.
Dan sebagai bahan pertimbangan selanjutnya, saya akan coba memberikan analisa usaha mengenai usaha rumah makan di bawah ini.

Analisa Usaha Rumah Makan

1. Asumsi

  • Tempat usaha sudah tersedia
  • Tenaga kerja yang diperbantukan satu orang

2. Biaya-biaya Usaha

Biaya Investasi atau modal awal  RUPIAH
  • Renovasi tempat
Rp  2.500.000,
  • Peralatan masak
Rp. 1.800.000,
  • Peralatan makan
Rp. 1.000.000,
  • Meja dan Kursi
Rp  1.250.000
  • Lain lain
Rp.    750.000
Jumlah biaya Investasi total Rp  7.300.000,-
Pendapatan hasil kerja per bulanRp
  • Bahan Makanan 60 porsi x 30 hari x @Rp 6.000,-
Rp. 10.800.000,-
  • Upah tenaga kerja untuk 3 orang                 @ 600.000 x 3
 Rp.   1.800.000,-
  • Transportasi
Rp.      400.000,-
Jumlah                                          Rp  13.300.000,- 

Jadi bisa dapat disimpulkan dari dari modal awal yang di butuhkan dan jumlah pendapatan yang di terima maka keuntungan yang di peroleh dari usaha rumah makan ini adalah.

Bila jumlah pendapatan – modal awal yang di keluarkan maka kita bisa di perhitungkan dari

Rp. 13.300.000 – Rp. 7.300.000 = Rp. 6.000.000

Itulah pembahasan tentang analisa usaha rumah makan yang bisa saya sampaikan, pembahasan ini kurang lebih hanya sebagai gambaran dan untuk sebagai bahan pertimbangan kita sebelum kita benar-benar terjun menjalani usaha ini. Jika analisa usaha di atas kurang menguntungkan bagi anda, mungkin anda bisa mencoba usaha lain misalnya usaha jus buah.

Advertisement
Analisa Usaha Rumah Makan | analisausaha | 4.5
error: Content is protected !!