Analisa Usaha Sembako

Tuesday, October 14th, 2014 - Usaha Makanan
Advertisement

Analisa usaha sembako – Usaha sembako ini adalah suatu alternative peluang usaha yang banyak di minati oleh hampir semua kalangan, dari mulai yang bermodal kecil sampai yang mempunyai modal besar.

Dalam usaha sembako ini sangatlah diperlukan kreativitas yang baik supaya product yang di tawarkan tidak sama dengan yang lain hingga membuat usaha sembako ini berhasil atau minimum bisa membuahkan penghasilan yang tetap.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas perihal panduan cara mengelola atau memulai usaha sembako, beserta dengan analisa usaha sembako. Yang mana harapannya dapat menjadi panduan yang mungkin saja dapat Anda aplikasikan dalam meniti usaha sembako tersebut :

Analisa Usaha Sembako

Sembako Adalah Kebutuhan

Sembako itu adalah suatu keperluan yang sangatlah utama untuk semua orang. Sebagai permasalahannya yaitu apakah pengemasan sebuah product sembako ini cukup menarik atau tidak untuk ditawarkan. Tujuannya yaitu apakah product tersebut memiliki nilai jual yang lebih, hingga dapat membuat orang-orang tertarik untuk membelinya.

Tempat Strategis

Tempat yang strategis ini satu diantara banyak hal yang di pakai oleh para pengusaha sukses untuk menjalankan usahanya, lantaran bila Anda membuka usaha ditempat yang strategis, besar kemungkinan toko atau tempat tersebut akan banyak didatangi oleh pengunjung.

Harga Jual

Harga yang di tawarkan baiknya berpedoman pada dua harga, yakni harga produksi serta harga pasar. Harga produksi yaitu di mana Anda menjual suatu product sembako dengan cara mengambil laba diatas harga produksi, Anda mesti memerhatikan atau lihat harga pasaran untuk sebuah product tersebut serta baiknya sebuah product sembako tersebut di jual dengan harga yang seimbang atau kompetitif.

Bila pengemasan product sembako sama juga dengan yang lain, maka dapat di jual dengan harga yang lebih murah, walau keuntungan yang anda peroleh relative lebih kecil. Tetapi jika product sembako dikemas dengan cara yang bagus dan menarik, hal semacam ini dapat di jual dengan harga yang cukup lebih tinggi. Semua ini sangat memastikan laku atau tidaknya produk tersebut.

Promosi dengan Baik

Lewat cara mempromosikan sebuah product sembako, merupakan cara yang sederhana untuk menarik minat pembeli agar toko sembako kita banyak pengunjungnya. Langkah tersebut cuma dapat dikerjakan bila Anda senantiasa menjual dengan kejujuran.

Bila Anda mempunyai dana yang lebih, tak ada salahnya Anda membuat sebuah brosur supaya tampak bahwa toko sembako Anda itu lebih unggul dan berbobot. Salah satunya seperti menjual dengan system potongan harga serta yang berlaku pada waktu akhir bular dan awal bulan.
Semua ini bakal sangatlah menolong untuk meningkatkan penjualan product sembako yang Anda jual.

Dekat dengan Konsumen

Jadilah penjual yang ramah serta baik hati serta kerjakanlah pendekatan dengan pembeli. Buat mereka para pembeli merasa dialah yang paling utama dimata kita, seperti dalam pribahasa mengatakan “konsumen adalah raja”.

Hal semacam ini dapat membuat semua pelanggan anda merasa dilayani dengan baik dan membuat mereka puas sampai menjadikan mereka akan terus menerus datang ke tempat Anda menjual sembako.

Nah, setelah kita berbicara banyak tentang step by step cara memulai usaha sembako, sekaranglah saatnya kita untuk menghitung analisa usaha yang diperlukan agar hasil yang kita dapatkan sesuai dengan yang kita harapkan.

Berikut gambaran analisa usaha sembako

Asumsi
Usaha dilakukan dirumah, maka tidak perlu biaya sewa tempat.

Modal awal

Etalase Rp 1. 000. 000, 00
Rak, kalkulator, timbangan, dan lain-lain = Rp 800. 000, 00
Persediaan product barang dagangan = Rp 3. 000. 000, 00 +
Total Rp 4. 500. 000, 00

Kemungkinan peralatan akan mengalami penyusutan sesudah 3 tahun pemakaian, Perincian :
1/36 x Rp 1. 800. 000, 00 = Rp 50. 000, 00

Biaya operasional

Belanja persediaan barang dagangan = Rp 3. 500. 000, 00
Biaya listrik = Rp 100. 000, 00
Biaya transportasi saat belanja = Rp150. 000, 00
Biaya penyusutan peralatan = Rp 50. 000, 00 +
Total Rp 3. 800. 000, 00

Penghasilan per bulan

Penjualan perhari rata-rata Rp 200. 000, 00
Penghasilan perbulan @ Rp 200. 000, 00 x 30 hari = 6. 000. 000, 00

Maka sudah bisa dilihat keuntungan bersih perbulan adalah :
Rp 6. 000. 000, 00 – Rp 3. 800. 000, 00 = Rp 2. 200. 000, 00

Itulah akhir pembahasan untuk analisa usaha sembako, semoga bermanfaat bagi anda. Lihat juga pembahasan tentang analisa usaha jahe merah sebagai bahan referensi anda untuk memulai usaha baru.

Advertisement
Analisa Usaha Sembako | analisausaha | 4.5
error: Content is protected !!