Analisa Usaha Ternak Puyuh

Sunday, October 12th, 2014 - Usaha Peternakan
Advertisement

Analisa usaha ternak puyuh – Usaha budidaya ternak burung puyuh dapat jadi alternarif yang sangatlah pas untuk mengoptimalkan pendapatan rumah tangga. Menggerakkan usaha taraf rumah tangga sangatlah di sarankan lantaran perekonomian Indonesia sampai hari ini belum stabil. Kesempatan usaha ternak puyuh dapat disebutkan sangatlah menguntungkan karena permintaan pembeli telur puyuh tahun demi tahun semakin meningkat.

Peluang Usaha Telur Puyuh

Telur Puyuh populer lantaran memiliki kandungan banyak gizi. Antara lain seperti vitamin, bakteri salmonela, mineral serta tidak memiliki kandungan lemak jahat. Tidak hanya itu, telur puyuh juga mempunyai cita rasa yang lezat hingga bisa di nikmati dan menjadi peluang usaha kuliner yang sangat menguntungkan.

Analisa Usaha Ternak Puyuh

Untuk harga telur puyuh yang sudah masak, umumnya di bandrol dengan kisaran harga Rp. 170 – Rp. 200/butir nya. Pelaku peternak dapat menghasilkan sekitar 2000 telur untuk 2500 burung puyuh dalam jangka waktu satu bulan. Dalam jangka waktu tersebut peternak bisa mendapatkan penghasilan bersih mencapai 10 juta.

Daging Afkir

Daging puyuh nyatanya juga disukai oleh kebanyakan orang, banyak restoran yang saat ini menyajikan menu makanan yang mana bahan dasarnya daging puyuh. Umumnya, puyuh yang di jual untuk di ambil dagingnya yaitu jenis burung puyuh afkiran. Jenis puyuh ini umumnya kurang baik untuk bertelur hingga lantas di jual untuk dimasak sebagai menu hidangan masakan di sebagian warung makan tradisional atau bahkan restorant mewah. Pendapatan usaha ternak puyuh untuk jenis puyuh afkiran, bisa mencapai hingga sebesar Rp. 2, 4 juta per bulan.

Manfaat Bulu Burung Puyuh

Burung puyuh mempunyai bulu yang hampir mirip dengan bulu ayam, Hingga dapat dijadikan untuk kerajinan tangan dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Kotoran burung puyuh

Tidak hanya daging, telur serta bulunya saja, bahkan kotoran burung puyuh juga masih tetap dapat di ambil manfaatnya untuk pupuk kandang. Hal ini menunjukan bahwa, ternak burung puyuh benar-benar sangat menguntungkan lantaran bisa digunakan untuk beragam kepentingan.

Nah, sampai disini tentunya anda sudah mempunyai gambaran untuk memulai usaha ternak puyuh ini. Namun ada baiknya sebelum anda memulai usaha ini, terlebih dahulu anda melakukan analisa usaha guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti halnya mengalami kerugian. Untuk tolak ukur kelayakan usaha, dibawah ini saya sertakan analisa usaha ternak puyuh sebagai bahan pertimbangan anda.

Berikut analisa usaha ternak puyuh

Analisa usaha ternak burung puyuh untuk 1000 ekor :

Biaya untuk kandang = Rp. 4.000.000, –
Induk puyuh yang siap telur = Rp. 5.000.000, –
Pakan = Rp. 2.000.000, –

Total biaya pertama = Rp. 12. 000. 000, –
Biaya Produksi = Rp, 2. 000. 000

Pendapatan :

Produksi telur umumnya 85% dari keseluruhan induk hingga dari 1000 ekor, kemungkinan telur yang dihasilkan dalam satu hari sekitar 850 butir. Dengan anggapan per butir telur dihitung dengan harga sebesar Rp. 200, – jadi pendapatan yang didapat sehari-harinya yaitu :
850 x 200 = Rp. 170. 000

Keuntungan selama satu bulan 30 x 170.000 = Rp. 5.100.000, –

Keuntungan bersih setiap bulannya yaitu Rp. 5.100.000 – Rp. 2.000.000 = Rp. 3.100.000

Untuk setiap induk rata -rata dapat di ambil telurnya sepanjang 18 bulan. Bila anda ingin menambah keuntungan, anda tinggal menambah jumlah induk puyuh.

Demikian topik hari ini mengenai analisa usaha ternak puyuh yang bisa saya sampaikan, semoga hal ini dapat membantu dan semoga setelah ini anda tidak ragu untuk memulai usaha tersebut. SelainĀ usaha ternak puyuh ini, anda juga dapat mencoba usaha lain yang tentunya sangat menguntungkan, salah satunya adalah usaha angkringan.

Advertisement
Analisa Usaha Ternak Puyuh | analisausaha | 4.5
error: Content is protected !!